Kontrol Diri Pada Anak

Bismillahirrahmanirrahim.
Assalamualaikum :), kali ini saya ingin menulis kan sedikit hasil bacaan saya tentang kontrol diri pada anak :).

Disadari atau tidak, setiap individu memiliki dorongan-dorongan atau pikiran jahat di dalam diri. Mekanisme dari dalam diri yang dikenal dengan kontrol diri membantu individu untuk mengendalikan dorongan dan pikiran jahat tersebut.

Anak-anak yang memiliki kontrol diri yang baik akan berusaha untuk mengontrol implus atau keingingan yang dapat membawanya ke arah yang tidak baik. Borba (2008) mengatakan bahwa kontrol diri adalah salah satu kebajikan utama dari kecerdasan moral. Memiliki kontrol diri membantu anak untuk menggerem perilaku buruk sehingga anak bertindak benar berdasarkan pikiran dan hati nurani dan anak mampu menangkis pengaruh buruk yang datang sehingga melakukan hal yang benar.

Berikut kuesioner yang dapat melihat kontrol diri yang dimiliki anak.
Kuesioner ini  diisi oleh orang tua untuk mengetahui sebesar apa kontrol diri yang dimiliki anak Anda.
  • Jika anak Anda mendapat skor antara 40 – 50 : kontrol diri yang dimiliki anak Anda cukup bagus dalam dirinya.
  • Jika anak Anda mendapat skor antara 30 – 40 : kontrol diri yang dimiliki anak Anda perlu ditingkatkan lagi
  • Jika anak Anda mendapat skor antara 20 – 30 : kontrol diri yang dimiliki anak Anda menunjukkan adanya masalah kontrol diri
  • Jika anak Anda mendapat skor antara 10 – 20 : anak Anda memerlukan bantuan untuk meningkatkan kontrol diri dalam dirinya dan berusahalah untuk mencari bantuan agar kemampuan ini dapat ditingkatkan
Pemberian skor :
        5 = Selalu 4 = Sering 3 = Kadang-kadang 2 = Jarang 1 = Tidak Pernah

 Semoga bermanfaat ^_^



Sumber: Borba, Michele. 2008. Membangun Kecerdasan Moral Tujuh Kebajikan Utama Agar Anak Bermoral Tinggi. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama. 

0 Response to "Kontrol Diri Pada Anak"